Apa sich Khasiat Daun Lidah Buaya


DAUN LIDAH BUAYA


A. DESKRIPSI Lidah buaya berbatang pendek. Batangnya tidak kelihatan karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. 


 Lidah buaya y atang melalui tangkai panjang juga muncul dari batang n be celah-celah atau ketiak daun. Batang lidah b juga dapat di stek untuk memperbanyak tana an.

 Peremajaan tanaman ini dilakukan dengan mangkas habis daun dan batangnya, kemudian dari sisa tunggul batang ini muncul tunas-tunas baru anakan. ata Daun lidah buaya berbentuk pita dengan he- laian yang memanjang. Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau ke abu-abuan, ber- sifat sukulen (banyak mengandung air) dan banyak mengandung getah atau lender (gel) sebagai bahan baku obat.



Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan ujung meruncing berbentuk taji, tebal, per- mukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas atau berduri kecil dipinggirnya. 


Panjang daun dapat mencapai 50-75 cm, lebarnya 2 -6 cm, dengan berat 0,5 kg dan daun melingkar rapat di sekeliling batang bersaf-saf. Bunga lidah buaya berwarna kuning atau ke- merahan berupa pipa yang mengumpul, keluar dari ketiak daun. 

Bunga berukuran kecil, tersusun da- lam rangkaian berbentuk tandan, dan panjangnya mencapai 1 meter. Bunga bias ditanam dipegunungan. 


 Panjang akar berkisar an- tara 50 - 200 cm. untuk pertumbuhannya tanaman menghendaki tanah yang subur dan gembur di bagian atasnya. 

B. KANDUNGAN

 Lidah buaya banyak mengandung senyawa kimia diantaranya adalah aloin, barbaloin, aloeemo- lin, aleonin, aloesin arginin, asasparigi, asam amino, asam aspartiat, glutamine, freonin, lisin, urosin, isoleusin, lignin, coline, inositol, falicaad, lignin barbaloain, saponin antra kuinon, senyawa kuinon, senyawa gula, senyawa mineral, vitamin, enzim, zinc dan hormon.


C. RAMUAN


1. Penyubur Rambut Ambiliah daun lidah buaya segar secukupnya dan dibelah. Ambil daging daun yang seperti agar-agar dan digosokkan ke kulit kepala. 


2. Mengobati Rambut Rontok Siapkan daun lidah buaya 40 g, daun mano kokan 20 g, daun waru muda 20 9, dan minyak kemiri 50 ml. Tumbuk semua daun tersebut hingga halus. Hasil tumbukan dicampur dengan minyak kemiri. Ramuan ini ditempelkan ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa waktu (lebih lama lebih baik) sebelum dicuci.


 3. Luka bakar Tempelkan daging daun ke bagian tubuh yang sakit.




 6. obat Wasir 

 Parut daun tersebut dan tam- bahkan 2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu. Aduk rata campuran tersebut, lalu disaring. 





salah satu

Comments

Popular posts from this blog

Aqiqah Bandung Timur : MUFFIN ADALAH CARA KHUSUS UNTUK MENIKMATI BLUEBERRIES

1000 lebih daftar wisata di indonesia yang sering di kunjungi oleh turis

Harian lain yang saya kirimi surat tanpa tanda